Categories

Thursday, September 20, 2012

Orang Kaya Indonesia Semakin Kaya - Indonesia Real Time - WSJ


Reputasi ekonomi Indonesia bersinar di tengah redupnya laju pertumbuhan ekonomi negara-negara berkembang. Kekayaan pribadi orang Indonesia pun terus bertambah, berlawanan dengan tren yang terjadi di tingkat global.
Kelompok riset Wealth-X awal pekan ini menerbitkan laporan mengenai kekayaan para tokoh ultra high net worth di dunia. Laporan itu menunjukkan kekayaan individu super-kaya Indonesia meningkat tajam hingga 41,2% dari tahun lalu menjadi $120 miliar atau sekitar Rp 1.141 triliun. Wealth-X mendefinisikan ultra high net worth sebagai individu dengan kekayaan di atas $30 juta atau Rp 285 miliar. Jumlah orang-orang super-kaya itu juga naik 4,7% menjadi 785 orang. Angka pertumbuhan itu tertinggi di antara semua negara yang disurvei. Trennya bahkan berlawanan dengan penurunan kekayaan global sebesar 1,8% dan 6,8% di Asia. Laporan itu mencakup 115 negara dan kawasan.
Peningkatan kekayaan itu tidak mengejutkan bagi mereka yang memperhatikan ekonomi Indonesia dengan teliti. Pertumbuhan ekonomi di kuartal kedua 2012 mencapai 6,4% dibanding setahun sebelumnya.
“Demografi Indonesia menjadi faktor pendukung yang penting. Lebih dari separuh populasi berusia di bawah 30 tahun, dan persentase penduduk yang siap memasuki kelas menengah juga besar,” kata laporan itu. “Bagi investor asing, Indonesia adalah pasar konsumen yang penting. Konsumsi dalam negeri yang sehat bisa menjadi pelindung terhadap guncangan ekonomi global.”
Ekonomi Indonesia juga diuntungkan oleh peningkatan peringkat kredit menjadiinvestment grade. Selain itu, faktor lain yang berpengaruh adalah tingginya permintaan akan komoditas ekspor, termasuk minyak sawit mentah, batu bara, dan gula.
Wealth-X menyatakan 40,7% dari jumlah kekayaan tokoh-tokoh ultra high net worthdimiliki oleh 25 miliarder terkaya negara ini. Dari 25 orang itu, nilai kekayaan rata-rata per orang mencapai $2 miliar atau sekitar Rp 19 triliun.
Pertumbuhan kekayaan Indonesia juga menonjol dibandingkan negara-negara lain di Asia Tenggara. Sebagai suatu kesatuan, kawasan ini mencatat peningkatan kekayaanultra high net worth sebesar 0,9% menjadi $574 miliar.

0 comments:

Post a Comment